Sunday, October 11, 2020

Kemacetan di luar angkasa karena SpaceJunk?




 MACET !! Mungkin ketika kata ini di sebutkan, kamu bakalan mengira ini adalah macet lalu lintas biasa yang sering terjadi di kota kota besar atau metropolitan.

Kamu tidak salah tapi kamu perlu tau, macet juga bisa terjadi di luar angkasa.

Haaaa?? Luar angkasa masa bisa macet sih. Luar angkasa bisa macet bukan karena mobil atau kendaraan sejenisnya, tapi macet karena satelit. Saking banyaknya satelit yang di luncurkan sejak tahun 1950 an tepatnya tanggal 4 Oktober 1957 yaitu satelit Sputnik 1 yang diluncurkan oleh Soviet. sejak saat itu ribuan bahkan puluhan ribu satelit di luncurkan untuk mengobservasi sampai menjelajah luar angkasa.

Terdengar seperti lomba ruang angkasa sih tapi memang betul adanya karena akhir akhir ini Pendiri dan Kepala Rocket Lab, Peter Beck, memperingatkan banyaknya objek di luar angkasa saat ini menyulitkan jalur untuk meluncurkan satelit baru.

Perusahaan Beck mulai mengalami efek kemacetan yang meningkat di luar angkasa. Menurutnya, hal ini terjadi karena konstelasi internet satelit milik SpaceX, Starlink.

Masalah ini muncul karena belum ada aturan lalu lintas di luar angkasa, sehingga pada akhirnya aturan itu diserahkan kepada masing masing perusahaan.

Dan di era internet ini SpaceX sudah membangun konstelasi Starlink hingga lebih dari 700 satelit untuk membantu jalur internet.

Perusahaan milik Elon Musk ini berencana mengembangkan 12ribu sampai 40ribu satelit. Jumlah satelit yang sangat fantastis, gak kebayang betapa tambah macetnya luar angkasa nanti.

Peringatan soal padatnya lalu lintas di luar angkasa telah diprediksi sejak lama.

Pada 1978, ilmuwan NASA Donald Kessler pernah memperingatkan potensi bencana yang kemudian dikenal dengan 'Sindrom Kessler'. Ia menyebut bahwa ruang angkasa di atas bumi suatu hari bisa menjadi penuh sesak, tercemar banyak satelit aktif dan sisa eksplorasi ruang angka di masa lalu.



Benda-benda itu juga bisa saling bertabrakan hingga menghantam satelit dan menabrak objek lain.

Nah menurut kalian bagaimana? ga cuma di permukaan bumi aja yang macet kan.

No comments:

Post a Comment